Menara Kayou

Menara Kayou

Kampung Suroba yang terletak di pedalaman Lembah Baliem, Kabupaten Jaya Wijaya, Wamena, Papua, memiliki sebuah menara pengawas, atau biasa disebut Kayou yang digunakan sebagai penanda pintu masuk.

Sekarang kondisi Kayou ini tidak terlalu baik, karena banyak ikatannya yang lepas dan lapuknya kayu. Tinggi menara Kayou sekarang ini hanya sekitar 5 meter saja, berbeda dengan ukuran Kayou saat dulu yaitu setinggi 10-12 meter. Sehingga masyarakat Kampung Suroba ingin `mengembalikan` kondisi Kayou seperti dahulu sehingga fungsi Kayou dapat digunakan kembali dengan baik.

Dan dalam melaksanakan komitmennya di bidang kebudayaan, Tirto Utomo Foundation (TUF) pun membantu masyarakat kampung Suroba untuk mengembalikan kondisi Kayou seperti dahulu kala.

Awal Desember ini pekerjaan sudah dimulai dan sampai saat ini menara Kayou sudah selesai dibangun. Dan  sekarang Menara Kayou sudah berdiri tegak kembali dengan tinggi 10meter. Diharapkan Menara Kayou ini dapat berfungsi kembali sebagai Simbol Kebudayaan dari Lembah Baliem.

0

Leave Your Comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *