PEMBANGUNAN RUMAH GADANG, NAGARI SUMPUR, KABUPATEN TANAH DATAR, SUMATERA BARAT

PEMBANGUNAN RUMAH GADANG, NAGARI SUMPUR

Dalam menjalankan komitmennya dibidang kebudayaan, Yayasan Tirto Utomo membantu pembangunan rumah yang menjadi aset budaya di Nagari Sumpur, Sumatera Barat. Pembangunan kembali Rumah Gadang ini sudah dimulai sejak tanggal 12 April 2014. Rencananya pembangunan akan dilaksanakan ± 1 tahun(12 bulan).

Tahapan awal yang dilakukan pada pelaksanaa pekerjaan ini adalah pekerjaan pembersihan lapangan, pemasangan bowplang, pembuatan gudang dan direksi kit. Hal ini dilakukan agar dalam melaksanakan pekerjaan terasa aman dan nyaman. Dalam pelaksanaan tahap ini dilakukan denga  gotong royong antara warga setempat, tukang dan bantuan dari beberapa mahasiswa. Sekarang pekerjaan sudah sampai dengan pekerjaan lantai papan, pekerjaan dinding, pekerjaan rangka atap, pekerjaan penutup atap, pekerjaan ukiran, pekerjaan pintu dan jendela dan pekerjaan tangga depan.

Pembangunan Rumah Gadang ini dimaksudkan agar Nagari Sumpur memiliki collective memory dan aset budaya, serta menjadikan Rumah Gadang sebagai sala satu contoh dan bentuk arsitektur yang mempunyai nilai budaya.

0

Leave Your Comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *